Mobil Susah Di Starter???
Memang sebuah hal yang sangat menyebalkan dan membuat pusing kepala
ketika tiba-tiba mobil mogok dan susah di starter, padahal sebelumnya
lancar-lancar saja saat mesin di starter dan tidak menunjukkan gejala
yang aneh pada mobil. Ini sebenarnya bukan sebuah hal yang aneh, karena
memang kelistrikan mobil dapat mengalami masalah secara tiba-tiba tanpa
sebelumnya disertai dengan tanda-tanda akan mengalami kerusakan.
Terlebih jika pemilik mobil tidak rajin merawat kondisi mobil..ya wajar
saja bila tiba-tiba mobilnya mogok ditengah jalan.
Jika timbul pertanyaan, 'kenapa tiba-tiba mobil saya bisa sulit di
starter ya?..', sebenarnya banyak faktor yang bisa menyebabkan hal itu
terjadi, bisa karena faktor kerusakan dari sistem kelistrikan ataupun
dari kerusakan komponen mesin yang sifatnya sangat kompleks. Mungkin
juga SO mania pernah mengalami hal seperti ini, jadi disini SO akan
membantu menjabarkan apa saja yang sebenarnya bisa membuat mobil
mengalami hal seperti itu.
Kelistrikan
Untuk yang disebabkan karena adanya kerusakan pada sistem kelistrikan,
dapat terdeteksi jika saat distarter tidak menunjukkan adanya arus
listrik tersambung atau mengalir yang bisa terdengar dari bunyi starter
dari dinamo, seperti terdengar suara dinamo starter lemah dan mengayun
atau bahkan tidak ada respon suara dinamo sama sekali, namun biasanya
bila mobil didorong, mesin masih dapat menyala. Akan tetapi perlu
diingat juga tidak semua mobil diperbolehkan untuk didorong untuk
mengatasi mogok.
Untuk masalah kelistrikan umumnya bisa dilihat atau di cek pada beberapa bagian, yaitu bagian :
Aki (Accu) : Karena merupakan sumber dari kelistrikan pada mobil yang
sangat mempunyai pengaruh besar terhadap suplai arus listrik, bagian ini
yang harus pertama kali di cek kondisinya jika mobil menunjukkan ada
masalah suplai arus listrik. Kalau aki (accu) mobil sudah terlihat
kurang cairan dan umur aki sudah lebih dari 2 tahun juga bisa
menyebabkan aki tekor dan tidak kuat mengalirkan arus untuk starter
mesin mobil. Periksa juga kabel kutub pada aki, jika kotor karena kerak
ataupun jamur dan soket kepala aki kendor bisa membuat aliran listrik
mobil terganggu.
Kabel Sikring Utama : Tentunya kerusakan bagian ini sangat berkaitan
terhadap masalah starter mobil. Cek kondisi kabel sikring utama pada
mobil yang terletak dekat accu pada kutub positifnya, jika putus ganti
sikring dengan yang baru.
Socket dan Kunci Kontak : Kendornya socket yang menyambungkan kunci
kontak bisa menjadi biang keladi mobil tidak bisa menyala, tandanya
adalah jika kunci kontak diputar namun tidak terdengar adanya dynamo
starter yang bergerak, cek terlebih dahulu socket kunci kontak sebelum
melihat kondisi aki. Rusaknya kunci kontak juga bisa menyebabkan mobil
tidak bisa di starter.
Dynamo Starter : Bila dynamo starter rusak biasanya saat kunci kontak
diputar hanya terdengar bunyi ck..ck. Segera perbaiki atau diganti
dengan yang baru. Kerusakan juga bisa terjadi pada gear dinamo starter
yang rusak, tandanya jika terdengar suara dinamo berfungsi namun hanya
terdengar lepas / los sehingga tidak dapat menghidupkan putaran mesin.
Alternator / Dynamo Ampere : Pengisian alternator yang sudah kurang baik
juga dapat menjadi salah satu penyebab mobil jadi susah di starter,
karena dapat menyebabkan aki cepat drop atau tekor. Terlebih buat yang
banyak memakai aksesoris elektronik / audio yang sangat banyak memakan
arus, kelayakan kerja alternator harus diperhatikan, jika memang tidak
sesuai lagi segera ganti dengan yang berdaya lebih besar.
Cek Kondisi dan Jalur Kabel-Kabel : Keadaan atau kondisi kabel
elektrikal pada mobil yang sudah mengeras memperbesar kemungkinan kabel
ataupun serat kabel didalamnya mudah putus sehingga dapat menjadi
penyebabnya mobil tidak bisa menyala. Membenahi jalur kabel-kabel pada
mobil, terutama untuk mobil lawas yang kelistrikannya sering bermasalah
dan sudah lebih dari 10 tahun sangat disarankan. Serahkan pengerjaan
pada bengkel yang ahli dalam membenahi perkabelan / urut kabel.
Mesin
Sedangkan bila disebabkan oleh kerusakan pada salah satu komponen pada
mesin, biasanya ditandai dengan starter dan arus kelistrikan yang sangat
baik namun tetap tidak mampu menyalakan mesin, dan biasanya bila mobil
didorong tetap saja mesin tidak dapat menyala.
Jika SO mania mengalami masalah susah starter mobil karena ada kerusakan
bagian mesin, ini bisa disebabkan adanya kerusakan pada beberapa bagian
mesin, yaitu :
Platina : Untuk mobil yang masih menggunakan platina, kerusakan atau
setelan platina yang tidak tepat akan menyebabkan mobil susah menyala
saat di starter.
Karburator : Jika mobil masih menggunakan karburator untuk menyuplai
bensin ke ruang pembakaran, karburator yang kotor dan setingan angin
yang tidak tepat akan membuat mobil mesin mobil sulit menyala. Karena
ini akan membuat pembakaran tidak berjalan baik.
Pompa Bensin : Tidak berfungsinya pompa bensin sudah pasti akan
menyebabkan mobil mogok dan mesin tidak dapat dihidupkan karena aliran
bensin ke karburator tidak berjalan.
Busi, Kabel Busi, Koil : Ketiga komponen ini berhubungan dengan
pengapian pada mesin, jadi jika salah satu diantaranya mengalami
kerusakan maka dapat dipastikan mesin akan sulit dinyalakan atau bahkan
sama sekali tidak dapat menyala.
Bushing CDI : Bushing CDI adalah dudukan pulser atau magnet CDI.
Kerusakan pada bagian ini juga salah satu penyebab susah starter, karena
bila goyang dapat merubah posisi pulser yang berpengaruh pada timing
pengapian dan putaran mesin dan memang harus dicek oleh bengkel yang
ahli, karena jika tidak maka bisa-bisa salah mendeteksi sehingga yang
dibilang rusak adalah CDI-nya itu sendiri.
CDI : CDI yang sudah mulai melemah komponennya pasti akan menyebabkan
mobil tidak bisa di starter, karena tugasnya dalam mengatur pengapian
dengan putaran mesin dapat terganggu. Faktor usia pemakaian juga bisa
menjadi penyebab rusaknya CDI.
Sebenarnya diluar dari yang disebutkan dalam artikel ini, masih banyak
faktor lainnya yang menyebabkan mobil mogok dan susah untuk di starter
kembali. Untuk meminimalkan resiko mobil mogok sebenarnya bisa dilakukan
dengan rajin melakukan perawatan berkala / tune up secara menyeluruh ke
bengkel resmi dan memiliki kredibilitas baik